Analisa Teori Mencapai $100/bulan dalam 2 bulan

AdSense: Analisa Teori Mencapai $100/bulan dalam 2 bulan
Beberapa waktu lalu, di forum diskusi yang saya moderasi ada seorang anggota yang membagikan cara untuk mendapatkan $100/bulan dari AdSense hanya dalam waktu 2 bulan.

Kesan pertama saya, wow cepat sekali. Pertanyaan saya selanjutnya, apakah itu bisa dilakukan?

Karena itu hari ini saya ingin menelaah teori tersebut. Perlu dicatat, saya katakan teori, karena orang yang menyampaikan cara tersebut belum melakukannya sendiri.
Meskipun demikian ini teori yang menarik untuk dibahas.
setelah Kemarin saya sudah membahas masalah Bagaimana Setelah Blog Di Approved Oleh Google Adsese?
Dan Sekarang Kita Bahas Masalah Ini.

Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengedukasi diri saya, Anda dan para nubi untuk dapat melihat apakah sebuah ilmu AdSense masuk akal dan dapat dicapai. Dengan demikian di masa depan Anda dapat melakukan analisis sendiri terhadap ilmu-ilmu AdSense sejenis dan mengambil kesimpulan Anda sendiri.

Isi teori

Pertama-tama, mari kita dengar bunyi teorinya (saya persingkat):
Buatlah 5 web. Tiap web diisi 5 artikel per hari. Ambil niche yang memiliki HPK dan lakukan SEO. Jalankan selama 2 bulan. Apabila rata-rata 1 web seburuk-buruknya mendapatkan $1 per hari, maka 5 web sudah menghasilkan $150 per bulannya.
HPK adalah singkatan dari High Paying Keyword. Kata kunci yang memiliki potensi pendapatan yang tinggi.

Seberapa sulitkah mempraktikkan teori ini?

Jika Anda memiliki 5 web yang diisi dengan 5 artikel sehari, berarti sehari Anda harus membuat:
5 web x 5 artikel  = 25 artikel per hari
Andai 1 artikel = 300 kata, maka 25 artikel, berarti:
25 x 300 kata = 7500 kata per hari
Untuk mencapai target ini ada beberapa kemungkinan metode yang bisa dilakukan:
  1. Membuat konten orisinil sendiri
  2. Kopas artikel orang lain
  3. Pakai software article spinner
  4. Menulis ulang artikel orang lain
  5. Bayar orang untuk menulis artikel
  6. Keroyokan
Mari kita bahas satu-satu metode ini.

#1. Membuat konten orisinil sendiri

Seberapa beratnya kah menulis 7500 kata per hari sendiri? Sebagai gambaran, kalau Anda buka Microsoft Word dengan segala default setting-nya, maka 7500 kata akan mengisi kurang lebih 28 halaman A4.
Jika Anda search di Google rata-rata sang novelis, Stephen King menulis 2000 kata per hari. Berarti untuk mencapai target ini Anda harus kurang lebih 3x lebih rajin dari Stephen King. Hmm…
Selanjutnya cobalah Anda tulis topik yang berkaitan dengan asuransi, keuangan atau kesehatan. Biasanya orang awam yang menyasar HPK tidak memiliki latar belakang pengetahuan tersebut. Rasakanlah tingkat kesukarannya.
Lakukan semua itu selama 60 hari.

#2. Kopas artikel orang lain

Ini adalah metode yang paling mudah, karena jurusnya hanya CTRL + C dan CTRL + V. Target 7500 kata per hari dapat dicapai tanpa kesulitan berarti.
Hanya saja akun Google Anda rawan di banned karena pelanggaran hak cipta. Selain itu akan timbul banyak duplicate content di situs Anda. Jika Anda memiliki duplicate content yang melebih kewajaran, ini bisa membangunkan si Panda (algoritma pengawas kualitas) dari Google.

#3. Pakai software article spinner

Article spinner adalah sebuah software untuk menciptakan sebuah artikel baru dari artikel lama. Software tersebut akan mengganti kata-kata yang ada dengan sinonimnya.
Jadi Anda kopas artikel orang, lalu dispin, maka muncullah artikel baru yang “unik dan orisinil.”
Kekurangan dari software spinner adalah ia tidak mengenal konteks, sehingga seringkali kalimatnya menjadi aneh. Orang harus menghabiskan waktu lagi untuk merapikannya.
Saya sendiri belum pernah menggunakan software semacam ini. Oleh karena itu berapa lama waktu yang dihabiskan untuk keseluruhan proses, saya tidak memiliki bayangan. Mungkin Anda  bisa komen di bawah, jika Anda memiliki pengalaman.

#4. Menulis ulang artikel orang

Menulis ulang artinya Anda membaca artikel orang lain, pahami isinya, lalu tulis kembali dengan kata-kata Anda sendiri.
Beban pekerjaan untuk menghasilkan konten memang berkurang dibandingkan metode no. #1. Sebab Anda tidak harus mengumpulkan sendiri materialnya atau mengedukasi diri tentang topik yang bersangkutan. Tetapi tetap Anda tetap harus 3x lebih rajin dari Stephen King plus mengubah kata-kata dari konten aslinya.

#5. Bayar orang untuk menulis artikel

Untuk mengetahui biaya yang diperlukan untuk membayar penulis, mari kita hitung kebutuhan artikel per bulan:
5 web x 5 artikel x 30 hari = 750 artikel per bulan
Anggap saja 1 artikel bahasa Indonesia yang berisi 300 kata harganya Rp.10.000-Rp25.000, maka untuk memenuhi target 750 konten per bulan, biaya yang harus keluar adalah:
750 x Rp.10.000 = Rp. Rp. 7.500.000 per bulan
s/d
750 x Rp. 25.000 = Rp.18.750.000  per bulan
Itu berarti dalam 2 bulan Anda harus keluar biaya antara:
Rp.15.000.000
s/d
Rp.37.500.000
Kalau Anda menggunakan penulis luar, biaya 1 artikel Inggris, bisa di atas $3,5 ke atas. Umumnya makin mahal, makin berkualitas hasilnya. Kalau $1 = Rp.14.000 maka Anda harus keluar biaya, minimal sekitar:
750 x 3,5 x Rp.14.000 = Rp. 36.750.000 per bulan
Itu berarti dalam 2 bulan Anda harus keluar biaya setidaknya:
Rp. 73.500.000
Apakah Anda memiliki modal sebesar itu untuk mulai menghasilkan setidaknya 1 juta per bulannya?

#6. Keroyokan

Kalau Anda bisa membentuk tim 5 orang, mencapai target 25 artikel, min. 7500 kata sehari akan jauh lebih ringan .
Apabila ada 5 orang, masing-masing menangani satu web. Maka setiap orang hanya perlu memiliki target 5 artikel, dan total min. 1500 kata saja.
Metode ini masih jauh lebih memungkinkan untuk dicapai.
Meskipun akan ada bagi-bagi hasil, andai mencapai sasaran $150 dari 5 web, masing-masing masih bisa mendapatkan sekitar Rp.400.000-an.  Meskipun terbilang kecil, setidaknya jumlah minimal pay out tiap bulan bisa tercapai, lebih baik dibandingkan payout setahun sekali.

Search Engine Optimization (SEO)

Memenuhi kuota konten, barulah setengah perjuangan. Pada teori di atas Anda menyasar HPK, keyword dengan potensi memberikan penghasilan tertinggi.

Perlu diingat, di mana ada uang, disitu pasti ada orang berkumpul. Berarti kemungkinan sudah ada pemain-pemain lama. Jadi Anda harus berkompetisi dengan mereka di hasil pencarian mesin pencari untuk bisa ranking.

Untuk bisa ranking Anda harus memiliki backlink yang kuat. Perlu Anda ketahui, tidak semua orang menghasilkan backlink secara natural. Ada orang-orang yang memiliki Private Blog Network/PBN. Mereka orang-orang bermodal yang memiliki situs-situs ber PR dan membuat backlink ke situs-situs utama penghasil uang mereka sendiri.

Meskipun Google sendiri tidak menyukai praktik-praktik ini, tetapi tetap saja ada orang-orang yang melakukannya dan ada yang belum kena.
Apakah Anda mengerti SEO?

Kesimpulan

Perlu dicatat teori di atas tidak menyinggung berapa jumlah Visitor, CTR, dan CPC. Teori di atas hanya berasumsi, jika Anda lakukan apa yang disebutkan di atas dan dalam kasus terburuk, satu web rata-rata akan menghasilkan $1 per hari, dan total penghasilan dalam sebulan adalah minimal $150 per bulan.
Tidak ada jaminan 100% teori tersebut akan berhasil dan teori tersebut tidak didukung oleh bukti praktik nyata. Teori di atas juga tidak menyebutkan jenis bahasa yang digunakan. Sebagaimana Anda tahu, bahwa CPC konten berbasa Indonesia umumnya jauh lebih kecil daripada konten berbahasa Inggris.
Ada dua hal besar yang harus terpenuhi di dalam teori ini:
  1. Kuota konten 25 artikel per hari – min. 7500 kata
  2. Pengetahuan akan SEO
Apakah mungkin target kuota konten dapat dipenuhi, semua tergantung dari jenis metode yang dipilih.

Metode #1 – Membuat konten orisinil sendiri
Dengan keterbatasan pengetahuan akan topik dan waktu, sudah pasti target tidak mungkin tercapai. Tidak peduli kemauan dan semangat orang sekeras apa pun.

Metode #2 -Kopas artikel orang lain
Metode ini, metode cari musuh dan hanya akan membahayakan akun AdSense Anda.

Metode #3 -Pakai software article spinner
Oleh karena saya tidak memiliki pengalaman akan penggunaan article spinner, saya tidak bisa banyak komentar.

Metode #4 – Menulis ulang artikel orang lain
Beban kerja cara yang satu ini lebih ringan sedikit dibandingkan cara #1, akan tetapi tetap saja menurut saya masih terlalu berat untuk dilakukan seorang diri.

Metode #5 – Bayar orang untuk menulis artikel
Ini adalah metode paling mahal, tapi paling hemat waktu. Target bisa dicapai jika Anda memiliki modal yang banyak di depan.

Metode #6 – Keroyokan
Ini adalah metode yang lebih masuk akal. Dengan minimal anggota tim 5  orang, target kuota dapat tercapai meskipun digabung dengan metode no. #1 atau #4.

Membuat konten hanyalah 1/2 dari perjuangan. Sebab kalau Anda tidak bisa muncul di laman 1 dari SERP (Search Engine Result Page) maka Anda akan sulit mendapatkan trafik. Anda perlu memiliki pengetahuan akan SEO yang sangat baik, sebab Anda akan bersaing dengan orang-orang yang mungkin ahli SEO atau pun brand besar.

Jadi teori ini sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai catatan. Namun demikian apabila semua syarat terpenuhi apakah akan bisa mencapai $100 per bulan dalam 2 bulan, sayangnya hal tersebut tidak mungkin bisa dipastikan disini. Anda harus mempraktikannya dan melihat hasilnya.

Ok, demikian hasil analisa dan kesimpulan saya, semoga dengan artikel ini sebelum Anda menelan bulat-bulat ajaran yang ada di forum-forum atau blog. Kini Anda dapat memperkirakan apakah teori yang disampaikan dapat dikerjakan atau tidak.

Ingat semangat saja tidak cukup. Semangat memang perlu, tapi manusia itu bukan tanpa batas. Ketika halangan itu lebih besar dari kemampuan atau sumber daya kita, disitulah pentingnya mempelajari strategi yang tepat.

Baca juga:

Good luck dengan perjalanan AdSense Anda.
Silahkan komentar, jika Anda memiliki pendapat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel